Membuat
Garis Vertikal, Horizontal, Dan Diagonal Dengan OpenGL Pada Dev C++
Langkah awal yaitu buat projectnya terlebih
dahulu. Klik di file di menubar lalu new, lanjutkan dengan memilih project
Setelah
itu kita diminta memilih jenis project
yang akan kita buat. Karena kita akan menjalankan program dengan Open GL maka
kita pilih Multimedia dan pilih Open GL.
Langkah
selanjutnya kita klik OK lalu beri nama project yang akan kita buat, jangan
lupa akhiri dengan ex.dev
Setelah
klik save maka secara otomatis program akan menampilkan contoh program. Maka kita
hanya perlu mengubah – ubah source code yang sudah ada pada compiler Dev C++
nya saja / yang sudah ada pada lembar kerja multimedia nya.
Berikut
adalah script untuk membuat garis :
1. Membuat
garis Vertikal
Pertama-tama kita mulai merubah
koding program hanya pada blok statement dibawah ini :
/* OpenGL animation code goes here */
//gambar
garis vertikal : artinya kita membuat catatan bahwa program yang akan kita buat
mengenai cara dalam mencetak garis Vertikal. Ingat bahwa catatan tidak akan
mempengaruhi program.
glClearColor
(0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); statement ini untuk
memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT); untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam
glPushMatrix ();Membuat baris kode menjadi tidak berlaku
untuk bagian luar
glClearColor(1,1,1,0 untuk
menentukan warna garis/titik
glColor3f(1,1,1);//untuk menentukan warna garis/titik
glBegin(GL_LINES); untuk menggambar garis dari titik yang digunakan
glVertex3f(0.10,10.0,13.13); untuk menentukan titik awal yang digunakan
glVertex3f(0,0,0.0); untuk menentukan titik awal yang digunakan
glEnd (); untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir
glPopMatrix (); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
SwapBuffers (hDC); digunakan untuk menukar bagian belakang buffer
menjadi buffer layar
Sleep (1);
} [Penutup Program]
} [Penutup Program]
Setelah selesai menuliskan koding , coba
kita jalankan file dengan mengcompile. Caranya
menekan tombol CTRL + F9 , file yang akan di compile akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan
beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol
CTRL + F10. Jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan dan menghasilkan output sebagai berikut :
2. Membuat
garis Horizontal
Pertama-tama kita mulai merubah
koding program hanya pada blok statement dibawah ini :
/* OpenGL animation code goes here */
glClearColor
(0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan
latar dalammode RGBA
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT); untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna
hitam
glPushMatrix(); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku
untuk bagian luar
glClearColor(1,1,1,0); untuk menentukan warna garis/titik
glColor3f(1,1,1);
// untuk menentukan warna garis/titik
glBegin(GL_LINES);
untuk menggambar garis dari titik yang digunakan
glColor3f(0.0f,
0.0f, 1.0f);
glVertex3f(-0.6f,
0.0f, 0.0f); untuk menentukan titik awal yang digunakan
glColor3f(0.0f,
0.0f, 1.0f); untuk menentukan titik yang digunakan
glVertex3f(0.6f,
0.0f, 0.0f); untuk menentukan titik akhir yang digunakan
glEnd(); untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir
glPopMatrix();
Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
SwapBuffers
(hDC); digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar
Sleep
(1);
} [Penutup
Program]
} [Penutup
Program]
Setelah
selesai menuliskan code pada bagian yang sudah saya beri tahu,coba jalankan
file dengan mengcompile dengan menekan tombol CTRL + F9 , file yang akan di
compile akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu
jalankan dengan menekan tombol CTRL + F10. jika tidak terdapat error makan
program langsung berjalan dan menghasilkan output
3. Membuat
garis Diagonal
glClearColor
(0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); untuk
memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT); untuk
membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam
glPushMatrix (); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku
untuk bagian luar
glClearColor(1,1,1,0); untuk menentukan warna garis/titik
glColor3f(1,1,1); // untuk menentukan warna garis/titik
glBegin(GL_LINES); untuk menggambar garis dari titik yang
digunakan
glVertex3f(0,0,-0.8); untuk menentukan titik awal yang digunakan
glVertex3f(9.9,8.9,0.1); untuk menentukan titik akhir yang digunakan
glEnd (); untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir
glPopMatrix (); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku
untuk bagian luar
SwapBuffers (hDC); digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar
SwapBuffers (hDC); digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar
Sleep (1);
} [Penutup
Program]
} [Penutup
Program]
Setelah selesai menuliskan code
pada bagian yang sudah saya beri tahu,coba jalankan file dengan mengcompile
dengan menekan tombol CTRL + F9 , file yang akan di compile akan meminta untuk
di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol
CTRL + F10. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan dan
menghasilkan output :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar