Laman

Senin, 26 Oktober 2015

Tugas Grafik Komputer & Pengolahan Citra

Membuat Garis Vertikal, Horizontal, Dan Diagonal Dengan OpenGL Pada Dev C++

Langkah awal yaitu buat projectnya terlebih dahulu. Klik di file di menubar lalu new, lanjutkan dengan memilih project


Setelah itu kita diminta memilih jenis  project yang akan kita buat. Karena kita akan menjalankan program dengan Open GL maka kita pilih Multimedia dan pilih Open GL.

Langkah selanjutnya kita klik OK lalu beri nama project yang akan kita buat, jangan lupa akhiri dengan ex.dev
Setelah klik save maka secara otomatis program akan menampilkan contoh program. Maka kita hanya perlu mengubah – ubah source code yang sudah ada pada compiler Dev C++ nya saja / yang sudah ada pada lembar kerja multimedia nya.
Berikut adalah script untuk membuat garis :
1.      Membuat garis Vertikal
Pertama-tama kita mulai merubah koding program hanya pada blok statement dibawah ini :
/* OpenGL animation code goes here */
 
//gambar garis vertikal : artinya kita membuat catatan bahwa program yang akan kita buat mengenai cara dalam mencetak garis Vertikal. Ingat bahwa catatan tidak akan mempengaruhi program.

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); statement ini untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);  untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam

            glPushMatrix ();Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
            glClearColor(1,1,1,0 untuk menentukan warna garis/titik
            glColor3f(1,1,1);//untuk menentukan warna garis/titik
           glBegin(GL_LINES); untuk menggambar garis dari titik yang digunakan 
glVertex3f(0.10,10.0,13.13); untuk menentukan titik awal yang digunakan 
           glVertex3f(0,0,0.0); untuk menentukan titik awal yang digunakan 
           glEnd (); untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir 
           glPopMatrix ();  Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar

           SwapBuffers (hDC);  digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi   buffer layar
           Sleep (1);
           } [Penutup Program]
           } [Penutup Program]

           Setelah selesai menuliskan koding , coba kita jalankan file dengan mengcompile.    Caranya menekan tombol CTRL + F9 , file yang akan di compile akan meminta         untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan     tombol CTRL + F10. Jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan dan            menghasilkan output sebagai berikut :



2.      Membuat garis Horizontal
Pertama-tama kita mulai merubah koding program hanya pada blok statement dibawah ini :
/* OpenGL animation code goes here */

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam
glPushMatrix();  Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
glClearColor(1,1,1,0);  untuk menentukan warna garis/titik
glColor3f(1,1,1); //  untuk menentukan warna garis/titik
glBegin(GL_LINES); untuk menggambar garis dari titik yang digunakan
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f); untuk menentukan titik awal yang digunakan
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f); untuk menentukan titik yang digunakan
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f); untuk menentukan titik akhir yang digunakan
glEnd();  untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir
glPopMatrix(); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar

SwapBuffers (hDC); digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar
Sleep (1);
[Penutup Program]
[Penutup Program]
Setelah selesai menuliskan code pada bagian yang sudah saya beri tahu,coba jalankan file dengan mengcompile dengan menekan tombol CTRL + F9 , file yang akan di compile akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol CTRL + F10. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan dan menghasilkan output

3.      Membuat garis Diagonal
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);  untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam
glPushMatrix (); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
glClearColor(1,1,1,0); untuk menentukan warna garis/titik
glColor3f(1,1,1); // untuk menentukan warna garis/titik
glBegin(GL_LINES); untuk menggambar garis dari titik yang digunakan 
glVertex3f(0,0,-0.8); untuk menentukan titik awal yang digunakan 

glVertex3f(9.9,8.9,0.1); untuk menentukan titik akhir yang digunakan 
glEnd (); untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir 
glPopMatrix (); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
SwapBuffers (hDC); digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar
Sleep (1);
[Penutup Program]
[Penutup Program]

Setelah selesai menuliskan code pada bagian yang sudah saya beri tahu,coba jalankan file dengan mengcompile dengan menekan tombol CTRL + F9 , file yang akan di compile akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol CTRL + F10. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan dan menghasilkan output :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar